Welcome

Selasa, 25 Januari 2011

Tugas 2

1. b. Apa yang dimaksud fantasi dan perasaan manusia?
c. Jelaskan fantasi/perasaan manusia yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia dalam menghadapi bencana akhir-akhir ini?

jawab :


b. fantasi adalah pemikiran yang berhubungan dengan khayalan atau sesuatu yang tidak ada, entah itu belum terjadi atau sudah terjadi. dengan kekuatan fantasi, manusia dapat melepaskan diri dari masalah yang di hadapinya dan menjangkau ke depan
klasifikasi fantasi :
1. Secara disadari , yaitu apabila individu-individubetul-betul menyadari akan fantasinya, misalnya seorang pelukis yang sedang menciptakan lukisan dengan kemampuan fantasinya.
2. Secara tidak disadari, yaitu apabila individu tak secara sadar telah di tuntut oleh fantasinya. Keadaan semacam ini banyak dijumpai pada anak-anak. Misalnya seorang anak memberikan berita yang tidak sesuai keadaan senyatanya, sekalipun ia tidak ada maksud berbohong.
Menurut jenisnya fantasi itu dibedakan:
1. Fantasi menciptakan, yaitu fantasi yang benar-benar mengasilkan sesuatu yang baru.
2. Fantasi terpimpin, yaitu fantasi yang timbul karena sesuatu perangsang dari luar.
3. Fantasi melaksanakan, yaitu fantasi yang berada diantara fantasi menciptakan dan fantasi terpimpin.
Guna fantasi dalam kehidupan:
1. Dengan fantasi para seniman dapat menciptakan sesuatu yang baru kita nikmati
2. Menimbulkan simpati kepada sesama manusia.
3. Dapat mengambil kemanfaatan (inti) sejarah.
4. Dapat merencanakan hidup kita di hari kemudian kelak.
5. Dapat merintangi dan mengurangi kesedihan kita
Bahaya fantasi
1. Jika fantasi itu terjadi berlebih-lebih pada seseorang akan terjadi keputusan dalam lamunan.
2. Karena kita dikuasai fantasi akan timbul rasa berdosa.
3. Timbul pengertian dalam pepatah “besar pasak daripada tiang”.
4. Menimbulkan fantasi yang jauh dan liar, terutama akibat fantasi tanpa pimpinan
Macam-macam test fantasi
1 Tes binet : melengkapi gambar
2 Test masselon : test tiga kata
3 Test hindustri : test yang digunakan dua bahasa yang belum dikenal oleh anak dan artinya bisa dijodohkan dalam baris kanan dan kiri.
4 Test absurdity : test kemustahilan yaitu cerita disuruh mencari kemustahilan dalam isi cerita itu.
5 Test rochach : test menelaah bentuk gambar
6 Test decoupage : test yang diciptakan lalu digunting, kemudian gambar apa yang terjadi dalam guntingan tersebut
Nilai-nilai fantasi dalam pendidikan
1. Dengan fantasi dapat digunakan dalam pelajaran sejarah, ilmu bumi, ilmu alam, dan sebagainya.
2. Denagn memahami fantasi kita tidak akan lekas memberikan hukuman kepada anak didik.
3. Dapat membantu atau mempengaruhi watak anak didik (fantasi terpimpin).
4. Dengan alat-alat pelajaran/pengajaran untuk dapat mengembangkan fantasi anak didik secara luas dan leluasa.
Fantasi memungkinkan kita mengikuti seseoarang pengarang atau pencerita dalam ceritanya, baik oleh seseorang seniman maupun oleh seorang cerdik pandai. Denagn demikian dapat kita bedakan antara fantasi pencipta dan fantasi terpimpin.
Fantasi menciptakan atau kreatif yaitu merupakan bentuk atau jenis fantasi yang mampu menciptakan hal-hal yang baru. Fantasi seperti ini biasanya dimiliki oleh para seniman, anak-anak juga para ilmuwan, untuk mencetuskan teori-teori baru.
Sedang fantasi terpimpin merupakan bentuk atau jenis yang di tuntut oleh pihak lain. Dilihat dari caranya orang berfantasi, fantasi dapat dibedakan atas fantasi yang mengabstrakkan yang mendeterminasi dan mengkombinasi.
Fantasi yang mengabstraksikan yaitu cara orang berfantasi dengan mendeterminasi terlebih dahulu. Missal anak belum pernah melihat harimau, yang telah mereka kenal kucing, maka kucing dipergunakan sebagai bahan opersipsi untuk memberikan pengertian tentang harimau.
Fantasi yang mengkombinasi yaitu cara orang berfantasi di mana mengkombinasikan pengertian-pengertian atau bayangan yang ada pada individu bersangkutan. Misal berfantasi tentang ikan duyung yaitu kepalanya kepala seorang wanita tetapinya badannya badan ikan.
Fantasi bila dibandingkadengan kemampuan-kemampuan jiwa yang lain. Fantasi lebih bersifat subjek. Bayangan yang ditimbulkan karena fantasi disebut bayangan fantasi.
Oleh karena itu dengan kekuatan fantasi orang dapat menjangkau ke depan, maka fantasi mempunyai arti yang penting dalam kehidupan manusia. Namun demikian ini tidak berate bahwa fantasi itu tidak akan mempunyai keburukan. Keburukan ialah fantasi orang yang dapat meninggalkan alam kenyataan, lalu masuk kea lam fantasi.
Untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan individu untuk fantasi pada umumnya dipergunakanlah test fantasi test yang sering dipergunakan adalah:
1. Test kemustahilan yaitu test yang terbentuk gambar-gambar atau cerita-cerita yang mustahil terjadi.
2. Test TAT yaitu test yang berwujud gambar-gambar dan testee disuruh bercerita tentang gambar itu.
3. Heilbronner Wirsme Test yang berwujud suatu seri gambar yang makin lama makin sempurna.
4. Test Roschahch yaitu test yang berwujud gambar-gamabr dan testee di suruh menginterprestasikan gambar tersebut.


Perasaan adalah gejala jiwa yang dimiliki oleh semua orang , hanya corak dan tingkatannya tidak sama. Perasaan tidak termasuk gejala mengenal, walaupun demikian sering juga perasaan berhubungan dengan gejala mengenal.
Apakah perasaan itu? Perasaan adalah suatu keadaan kerohanian atau peristiwa kejiwaan yang kita alami dengan senang atau tidak senang dalam hubungan dengan peristiwa mengenal dan bersifat obyektif, jadi unsur-unsur perasaan itu adalah :

1. Bersifat subyektif daripada gejala mengenal
2. Bersangkut paut dengan gejala mengenal

3. Perasaan dialami sebagai rasa senang atau tidak senang, yang tingkatannya tidak sama.

Perasaan lebih erat hubungannya dengan pribadi seseorang dan berhubungan pula dengan gejala-gejala jiwa yang lain. Oleh sebab itu tanggapan perasaan seseorang terhadap sesuatu tidak sama dengan tanggapan perasaan orang lain, terhadap hal yang sama.
Sebagai contoh, ada 2 orang bersama-sama menyaksikan suatu lukisan. Seorang diantaranya menanggapi lukisan tersebut dengan rasa senang dan kagum, singkatnya bahwa dia menilai bahwa lukisan itu “bagus” seorang yang lain menanggapi lukisan tersebut dengan acuh tak acuh, tampaknya lukisan tersebut tidak menarik perhatiannya.
Dengan kata lain perkataan lain dia menilai lukisan itu “tidak bagus”. Baik penilaian bagus atau tidak bagus kesemuanya bersifat obyektif dan subyektivitas ini berhubungan erat dengan keadaan pribadi masing-masing. Karena adanya sifat subyektif pada perasaan inilah maka gejala perasaan tidak dapat disamakan dengan pengamatan, fikiran dan sebagainya.

Pengenalan hanya berstandar pada hal-hal yang ada berdasarkan pada kenyataan , sedangkan perasaan sangat dipengaruhi oleh tafsiran sendiri dari orang yang mengalaminya. Perasaan tidak merupakan suatu gejala kejiwaan yang berdiri sendiri, tetapi bersangkut paut atau berhubungan erat dengan gejala-gejala jiwa yang lain, antara lain dengan gejala mengenal. Kadang-kadang gejala perasaan diiringi oleh peristiwa mengenal dan sebaliknya pada suatu ketika ada gejala perasaan yang menyertai peristiwa mengenal.

Gejala perasaan kita tergantung pada :

a. Keadaan jasmani
b. Pembawaan.
c. Perasaan seseorang berkembang sejak ia mengalami sesuatu.

c. fantasi yang di miliki bangsa indonesia dalam menghadapi bencana akhir-akhir ini adalah
1. bangsa indonesia terkadang suka mengait-ngaitkan suatu bencana dengan fenoma alam yang ada, misalkan saja saat sebelum meletusnya gunung merapi di Yogyakarta, masyarakat sekitar sempat melihat fenomena langit terbelah pada tanggal 11 juni 2010. fenomena tersebut merupakan pertanda bencana, itu menurut kepercayaan penduduk setempat. padahal itu hanya fenomena alam biasa saja. menurut ketua Jogja Astra Club Mutoha Arkanuddin, fenomena tersebut dinamakan crespular ray dan anticrescupular, itu adalah fenomena yang biasa. begitupun stunami yang berada di mentawai, sumatera barat.
2. bagi mereka korban yang selamat dalam bencana alam tersebut juga mengharapkan kehidupan mereka dapat kembali layak seperti dulu sebelum terjadinya bencana gunung merapi, stunami di mentawai dan banjir di wasior.
3. bagi mereka yang kehilangan anggota keluarganya akibat bencana, mereka mengharapkan semua kembali seperti dahulu, dapat berkumpul kembali.

Tidak ada komentar: