Welcome

Kamis, 15 Maret 2012

Samsung Menuntut Apple Karena Pelanggaran Hak Paten

Terdapat beberapa pengertian hukum menurut para ahli, diantaranya pengertian hukum menurut Aristoteles, Hugo de Grotius, Prof. Soedkno Mertokusumo, dan Mochtar Kusumaatmadja. Dari pengertian hukum menurut beberapa ahli tersebut sudah disimpulkan bahwa hukum adalah peraturan tingkah laku manusia, yang diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib, yang bersifat memaksa harus dipatuhi, dan memberikan sanksi tegas bagi pelanggar peraturan tersebut (sanksi itu pasati dan dapat dirasakan nyata bagi yang bersangkutan).

Saya mengambil contoh sebuah perindustrian yang bergerak dibidang elektronik yang dengan kecanggihan yang memperselisihkan masalah perundang-undangan hukum, yang dimaksud disini adalah tentang tuntutan melanggar hak paten (UU No. 14 tahun 2001)

Samsung tuntut Apple


Setelah Apple menuntut Samsung dengan tudingan meniru desain iPad dan iPhone, kini giliran Samsung yang melakukan serangan balik dengan menuntut Aple dengan tuduhan melanggar hak paten.
Tuntutan pelanggaran sebanyak lima hak paten ini disampaikan di Korea Selatan, Jepang dan Jerman.

Ini merupakan perselisihan hak paten terbaru dalam persaingan perkembangan industri.
Dalam pernyataannya Samsung mengatakan “Bertanggung jawab untuk melakukan tindakan hukum untuk melindungi kekayaan intelektual.”

Samsung, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini merupakan salah satu perusahaan yang dengan cepat mengembangkan telepon pintar di industri telekomunikasi.

Dengan produk terbarunya telepon pintar Galaxy maupun komputer tablet yang menggunakan sistem Android Google, menjadi penantang utama bagi produk buatan Apple yaitu iPhone dan iPad.
Kedua jenis telepon pintar dan komputer tablet itu memang memiliki kemiripan.
Bagaimanapun, Samsung juga merupakan salah satu penyedia komponen chip dan layar LCD bagi Apple.
Pertarungan hukum ini bisa saja mengganggu pendapatan kedua perusahaan karena penjualan produk iPhone dan iPad buatan Apple berarti tambahan pendapatan bagi Samsung.

Produk iPad memiliki kemiripan dengan Galaxy tab


22 April 2011
sumber: http://www.bbc.co.uk/indonesia

Tidak ada komentar: